Rabu, 15 Desember 2010

Love Music!

Halo! Udah lama gw hiatus di Blogger sejak kelas 3 SMP (gak penting). Dan taraa! Gue udah masuk SMA!

Sekarang lagi seneng dengerin musik, sesuai judul postnya. Kalo lo tanya lagunya apa dan siapa penyanyinya, gue bisa jawab macem-macem. Intinya akhir-akhir ini gue lagi suka sama K-pop, Europop dan J-pop sedikit.

Kenapa gue lagu dalam genre di atas? Karena artisnya ganteng en cantik?

Itu satu alasan gw. Tapi sayangnya (bukan menghina,lho), artis-artis K-Pop itu kebanyakan oplas apalagi yang cewek2nya. Gw itu lebih suka orang yang apa adanya, gak dibagus-bagusin kayak gitu (no offense, ya). Oke, biar gitu gw masih terima mereka yang oplas, karena banyak di Korea yang oplas. Yang penting mereka punya talent, itu bagusnya.

Di mata gue jadi pemusik itu gak harus cantik en ganteng, tapi yang penting talented dan berdaya saing. Buktinya banyak pemusik yang mukanya biasa aja bahkan jelek, bisa sukses. Pemusik itu harus jual talenta, bukan jual tampang. Entah kenapa gue lebih suka J-Pop dan Europop, karena mereka itu lebih 'apa adanya', dan itu muka cantik dan gantengnya asli banget, bukan buatan.

Orang Jepang dan Eropa juga lebih konservatif dalam meng-compose musiknya. Terutama orang-orang Eropa, kalo mereka nulis lagu pake bahasa sendiri, musiknya juga terkesan Eropa banget gitu (biasanya,ya) dan mereka jadi lebih kreatif dalam membuat lagu.

Mau bukti? (yeah!) Coba aja deh, dengerin lagu pake bahasa Jerman, Perancis, Rusia, dll. Itu jauh lebih bagus dari lagu-lagu Eropa yang make bahasa Inggris. Kalo lo cari terjemahannya, kadang-kadang lo bisa dapetin makna yang bagus atau pesan tersembunyinya dari lagu itu. Makna lagunya itu terkadang ngena banget ke kehidupan pribadi kita dan kehidupan sosial yang ada di sekitar kita.

Misalnya ada lagu yang menceritakan tentang kehidupan orang-orang yang enggak punya rumah dan harus mengembara buat nyari rumah. Lagu ini ngingetin kita sama gelandangan dan anak jalanan yang hidupnya nomaden gimana gitu. Ada lagi lagu yang menunjukkan nasionalisme baik yang biasa (ngedukung negaranya) atau yang hiperbolis (bukan chauvinisme tapi kayak rasa cintanya dibuat dalam bahasa yang lebay gimana gitu).Banyak lagu yang ngajak kita bersyukur.

Tapi ada juga lagu yang menyimpan pesan-pesan yang jelek (free sex, narkoba, hubungan terlarang). Kalau yang kayak gitu jangan dengerin, ya teman-temin! (sok banget lo!). Katanya sih ada lagu yang menyembah setan/berhala ato mencuci otak kita gimanaaa... gitu, tapi gw sendiri gak terlalu percaya sama itu. Dan katanya sih kalo itu kitanya gak nyadar gitu lo!

Segitu aja dulu. Jadi pesan2 dari gw: Jangan lihat artis dari penampilannya, tapi dari karyanya dan pilihlah lagu yang bagus yakni yang memberi semangat, baik dalam cinta tanah air maupun kehidupan kita. Kalo ada yang mau punya lagu dlm bahasa yg aneh2, minta ke gw! (promosi)

Tidak ada komentar: